Lahirnya SMADA Doet

Waktu itu rektornya Bapak RMA M. Usop.MA dengan cita-citanya ingin mendirikan sebuah SMA lab school di lingkungan kampus agar para mahasiswa pada fakultas Keguruan ilmu pendidikan dapat leluasa untuk mngedakan praktikum terutama mengajar.
Untuk mencapai keinginan tersebut Bapak rektor Unpar bekerja sama dengan pihak Konwil Depdikbud Kala itu dan tercapai kemufakatan/kesepakatan, yaitu membangun sebuah SMA yang berdiri di lingkungan kampus dan diberi nama SMA-2 Palangkaraya.
Hal-hal yang meliputi keberadaan siswa, administrasi kantor dll. untuk sementara dikerjakan/menginduk pada SMPP-1 Negeri Palngkaraya di jalan G.obos (sekarang menjadi SMA-1 Jekan Raya) yang dimulai pada tahun ajaran 1983/1984, dengan penanggung jawabnya adalah Bapak Josen Siman (kepala sekolah SMPP-1) dan sebagai pelaksana harian dipegang oleh Bapak Drs. A.S.Subari.
Adapun kegiatan belajar siswa-siswanya untuk sementara masuk siang di gedung SMPP-1 yang diajar oleh sebagian besar guru-guru dari SMPP-1 Palangkaraya. Sambil menunggu selesainya gedung sekolah di lokasi kampus Unpar.
Tepat hari Jumat tanggal 28 Oktober 1983 keluarga besar SMA-2 Palangkaraya hijrah ke lokasi yang baru di tengah-tengah kampus Universitas Palangkaraya, denga kekuatan 80 siswa dan 11 guru yang dikomando oleh Bapak Drs. A.S.Subari dan momentum kepindahan ini dijadikan sebagai hari jadi SMA-2 Palangkaraya hingga sekarang ini adalah yang ke-25.
Prestasi olah raga sangat menonjol di kota Palangkaraya pada saat itu, walaupun umur SMA-2 Palangkaraya masih berumur jagung itu bukan menjadi penghalang untuk membuat prestasi. Hal itu terbukti dengan diboyongnya piala Juara I sepak bola tingkat SMA se Kodya, Piala bergilir gerak jalan putra dan putri, dan masih banyak lagi prestasi yang lain.
Pada tahun ajaran 1989/1990 tidak tau apa sebabnya SMA-2 Palangkaraya harus kembali hijrah ke tempat/lokasi bekas geung SPG yang terletak di jalan K.S.Tubun dan ini membuat sebuah lagi kenangan di masa lalu, tempat yang indah harus ditinggalkan, kala itu SMA-2 Palangkaraya dipimpin oleh Bapak Drs. Joko Wahyudi.
Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun tak terasa kita berada di tempat ini kurang lebih 19 tahun. Bekas-bekas peninggalan dari SPG masih nampak, terbukti dengan masi berdirinya pohon-pohon yang kokoh yang semakin hari semakin besar batangnya. Seperti keluarga besar SMA-2 Palangkaraya sekarang yang berganti nama menjadi SMA Negeri 2 Pahandut atau disingkat dengan “SMADA Doet” yang semakin hari semakin kokoh, semakin kuat dan semakin besar sehingga eksisteusinya sangat diperhitungkan oleh rival-rivalnya.

Sumber : Kadarjono,S.pd

“INOVASI TIADA HENTI”
“BAGAMANAPUN JUGA SMADA TETAP UNGGUL”

Komentar
  1. yHaNthiieEymOeD berkata:

    cApa niY yg ngposTin,?

    oceN taA,?

    cB tLsannYa drengGangiN,kLw rpaT2 gT jD mLz bCx,quW z ngLyatx daAh mLz ;p
    (makLum iT mnruT saiA yg trmsuK sLh1 org yg pmLz,hiHii)

    smngaD bNhi dRi,!!!hoHoo

    bOom raDiaz1..

    bOom aAhH..

    bOom AaHh..

    bOom aAhh..

    SmAda JAyYAaA,!!!!!^^

  2. marthy berkata:

    mantap ui sejarahx………………

  3. chisSa berkata:

    wei……

    kren2……..

    hidup RADIAZ1……..

  4. rudyhilkya berkata:

    ini sejarah yang isinya adalah imajinasi dari penutur, karena itu masih harus di cek dan ricek dengan Mr Kristian maupun Mr Yovie atau guru yang laen ya …
    kalo ingin aman, rayulah lagi Mr. Kadar untuk bercerita lebih vulgar lagi sebab dikira ini adalah trik dari saya 😆

  5. zaenal abidin berkata:

    Mas OP,dibenahin lagi donk ne bLog…
    dibuat segerrrr gitu… biar lebih fresh ngeliatnya….
    Buat sejarahnya cool man!!!!
    it’s a wonderful story…
    SMADA will grow…more strong…then bigger,,,more bigger….And Smada never die in our heart….

    NB: kasian Tu pa kadar tulis punk pake bpk truz gelarnya kek, Bpk. Kadarjono,S.pd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s